nusabali

Bupati Suwirta : Jaga Sikap Profesional Dokter

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-jaga-sikap-profesional-dokter

Seorang dokter tidak harus menunjukkan idealisme yang tinggi.

SEMARAPURA, NusaBali
Meski dituntut untuk bersikap professional, sikap tersebut harus dapat dikawal dengan tindakan baik yang digabungkan dengan kompetensi yang dimiliki.

Demikian disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menghadiri Pelantikan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Klungkung, masa bakti 2017-2020 di ruang rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Sabtu (9/9). ‘’Pendidikan karakter, salah satu bagian penentu dari sikap profesionalitas. Untuk itu, penguatan pendidikan karakter sangat penting bagi seorang dokter,’’ jelasnya.

Menurut Bupati Suwirta, sebagai wadah profesi para dokter, IDI Kabupaten Klungkung diharapkan dapat mengadakan seminar tentang penguatan karakter tersebut. Hal ini tidak lain untuk meningkatkan sikap profesional dan kompetensi bagi dokter. Selain itu, inovasi di bidang pelayanan harus ditingkatkan. Salah satunya adalah inovasi di bidang public speaking atau gaya bicara dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. “Berikan yang terbaik tanpa menimbulkan ketersinggungan,” pesan Suwirta di hadapan dokter maupun perawat yang hadir.

Ketua IDI Wilayah Bali Kompiang Dautama menyampaikan bahwa amanah sebagai seorang dokter adalah memberi keselamatan kepada pasien. Sebagai wadah para dokter, IDI Cabang Klungkung diharapkan untuk tidak segan memberi masukan dan bantuan kepada Pemkab. “Jangan berhenti untuk berbakti pada organisasi maupun daerah,” ujarnya.

Menurut Kompiang Dautama, memiliki profesi seorang dokter harus senantiasa berada di garda terdepan untuk menjaga empat (4) pilar kebangsaan. Yakni, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Dimana hal ini sudah tercantum dalam sumpah dokter dan aturan etika dokter.

Panitia kegiatan, Ketut Agus Biomantara menyampaikan, pelantikan pengurus IDI Cabang Klungkung masa bakti 2017–2020 sesuai dengan Surat Keputusan Pengurus Besar IDI, Nomor : 01330/PB/A.4/07/2017, 31 Juli 2017. Dalam pelantikan ini juga diadakan seminar ilmiah tentang deteksi dini penanggulangan dan asuhan keperawatan kanker kolorektal serta penanganan kegawatdaruratan perdarahan saluran cerna. *wa

Komentar