nusabali

Kane Bawa Inggris ke Rusia

  • www.nusabali.com-kane-bawa-inggris-ke-rusia

Harry Kane menjadi pahlawan kemenangan Inggris atas Slovenia berkat gol semata wayangnya di masa injury time. 

LONDON, NusaBali
The Three Lions pun lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa Grup F di Wembley, Jumat (6/10) dinihari Wita, Inggris tampil full team dan mendominasi dengan 65 persen ball possesion serta total 14 attempts, dengan delapan on goal.

Sedangkan Slovenia dipaksa bertahan dengan hanya membuat empat attempts, dua mengarah ke gawang. Ketangguhan kiper Atletico Madrid Jan Oblak di bawah mistar Slovenia membuat peluang Inggris terbuang sia-sia.

Laga tampaknya akan berakhir imbang sampai Kane mampu menjebol jala Oblak di menit ke-94. Itu satu-satunya gol di laga ini dan dengan kemenangan 1-0 ini, Inggris berhak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Berstatus juara grup, Inggris dengan 23 poin tak terkejar oleh Skotlandia dengan 17 poin dengan satu sisa laga. Sementara, Slovenia di posisi keempat dengan 14 poin.  Namun Slovenia, Slovakia, dan Skotlandia cuma dipisahkan tiga poin untuk berebut jatah play-off di laga terakhir.

Sementara itu, Harry Kane mengakui Inggris main kurang bagus dan dibuat frustrasi oleh kegigihan Slovenia dalam bertahan. Namun Kane lega The Three Lions lolos ke Piala Dunia 2018. Kane, yang menjabat kapten di laga itu, menyambut suka cita kelolosan Inggris.

"Luar biasa bisa lolos ke sana. Zaman sekarang tidak mudah lolos ke Piala Dunia. Banyak negara-negara top di dunia kesulitan lolos. Kami semua senang."

Sedangkan Gareth Southgate mengaku sejak awal selalu yakin timnya akan mampu memenuhi target lolos. Southgate ditunjuk sebagai manajer Inggris menggantikan Sam Allardyce pada tahun lalu. Awalnya manajer interim sebelum kontrak permanen.

Meski ekspektasi tinggi mengiringi langkah Inggris tiap kali tampil di turnamen besar, namun Southgate memperingatkan bahwa timnya tak akan mendadak jadi sehebat Spanyol.

Southgate mengakui Inggris belum tampil sesuai harapannya. Dia menyebut timnya punya segudang pekerjaan rumah sebelum terjun ke Piala Dunia 2018. Selanjutnya Inggris akan mengukur levelnya  pada laga persahabatan melawan Jerman dan Brasil di Wembley, bulan depan. "Kami tak setajam yang kami harapkan, tapi kami akan terus berbenah," kata Southgate. 

Dari 14 kali penampilan, baru sekali timnas Inggris keluar sebagai juara Piala Dunia, yakni 1966 ketika sebagai tuan rumah. Usai juara itu,   prestasi Inggris tertinggi hanya sampai perempatfinal selama 5 kali (1970, 1986, 2002, 2006). Sejak 1966, Inggris juga tiga kali tidak lolos (1974, 1978, 1994). *

Komentar