nusabali

Tampilkan 200 Baleganjur dan 100 Okokan

  • www.nusabali.com-tampilkan-200-baleganjur-dan-100-okokan

Saat deklarasi KBS-Ace akan diarak menggunakan kereta kencana dari Taman Kota Tabanan menuju Lapangan Wagimin.

Deklarasi KBS-Ace di Tabanan akan Libatkan 10.000-an Massa


TABANAN, NusaBali
Jelang deklarasi pasangan Cagub-Cawagub Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (KBS-Ace) di Tabanan, Minggu (21/1) nanti, DPC PDIP Tabanan sudah melakukan persiapan. Di ‘kandang banteng’, tentu deklarasi akan dibuat semarak bernuansa parade budaya dengan tema 'Gotong Royong Mengendalikan Taksu Bali'. Deklarasi akan melibatkan 10.000-an massa.

"Kami akan gelar berbagai macam kesenian untuk meramaikan deklarasi KBS-Ace. Makanya kami buat nuansa deklarasi parade budaya," ujar Ketua Tim Pemenangan KBS-Ace di Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, Rabu (10/1). Tak sekedar deklarasi, tapi juga untuk menghibur masyarakat.

Kesenian yang dipersiapkan itu di antaranya melibatkan sekitar 200 sekaa baleganjur, 100 sekaa Okokan, 500 penari rejang renteng, barong bangkung dan barongsai. Ini akan ditampilkan oleh masing-masing PAC PDIP se Tabanan. "Akan dilakukan parade kemudian titik kumpulnya di Lapangan Wagimin di Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan sebagai tempat diadakan deklarasi," kata Wakil Bupati Tabanan ini.

Karena melibatkan sekitar 10.000 massa, pihaknya pun akan bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk antisipasi kemacetan mengingat parade direncanakan ditampilkan dari berbagai sudut arah Lapangan Wagimin. Termasuk juga KBS-Ace akan diarak menggunakan kereta kencana dari Taman Kota menuju Lapangan Wagimin.

Diterangkan Sanjaya, deklarasi diselenggarakan di Lapangan Wagimin karena lapangan ini bersejarah bagi PDIP. Di mana sebelumnya, seluruh tokoh besar pernah mendarat menggunakan helikopter di Lapangan Wagimin. Termasuk juga deklarasi paket Eka-Jaya (Ni Putu Eka Wiryastuti-IKG Sanjaya/Bupati-Wabup Tabanan) yang dihadiri Megawati Soekarno Putri dilaksanakan pertama kali di Lapangan Wagimin. "Bu Mega juga berkali-kali datang di sana," ujar Sanjaya yang juga Ketua DPC PDIP Tabanan ini..

Sanjaya menambahkan, sebagai partai wong cilik, dari kalangan masyarakat yang akan diundang seperti nelayan, buruh, pedagang, perusahan dan lainya. Mereka juga akan melakukan deklarasi. "Konsep ini sudah kami rencanakan sejak lama, kami juga akan mengundang Bupati/Walikota yang diusung PDIP," beber Sanjaya.

PDIP memasang target kemenangan KBS-Ace di Tabanan sekitar 75 persen. Hal ini sangat optimis diraih karena sebelumnya saat perhelatan Pilkada Tabanan 2015 lalu pasangan usungan PDIP, Eka-Jaya menang 65 persen. "Untuk meraih target ini kita harus solid dan kompak. Pokoknya harus menang," tegasnya.

Hal serupa disampaikan Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti. Menurutnya yang terpenting KBS-Ace di Tabanan harus menang. "Wong kami di kandang banteng harus menang dong. Saya tidak pasang target yang penting menang," tandas Bupati Eka, putri kandung dari Ketua DPRD Bali, I Nyoman Adi Wiryatama ini. *d

Komentar