nusabali

Koster Rencanakan Pabrik Penggilingan Gabah di Tabanan

  • www.nusabali.com-koster-rencanakan-pabrik-penggilingan-gabah-di-tabanan

Deklarasi KBS-Ace di Baturiti

TABANAN, NusaBali

Ribuan pendukung ikuti deklrasi kebulatan tekad untuk menangkan pasangan Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (KBS-Ace), Cagub-Cawagub Bali yang diusung PDIP-Hanura-PKPI-PAN-PKB-PPP, di Wantilan Pura Puncak Padang Dawa, Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Minggu (14/1) pagi. KBS sendiri berjanji akan upayakan bangun pabrik penggilingan gabah terbesar di Tabanan.

Deklrasi kebulatan tekad dukung KBS-Ace di Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Minggu kemarin dihadiri langsung Wayan Koster alias KBS (Koster Bali Satu), Ketua DPD PDIP Bali yang menempati posisi Calon Gubernur (Cagub) Bali. Srikandi PDIP yang kini Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, juga hadir. Demikian pula Sekretaris Dewan Pertimbangan Daerah (Deperda) PDIP Bali, Nyoman Adi Wiryatama, yang kini Ketua DPRD Bali.

Bukan hanya itu, deklarasi yang melibatkan 3.500 pendukung kemarin juga dihadiri Ketua Tim Pemenangan KBS-Ace Provinsi Bali I Nyoman Giri Prasta (kini Bupati Badung) dan Ketua DPC PDIP Tabanan sekaligus Ketua Tim Pemenangan KBS-Ace Kabupaten Tabanan I Komang Gede Sanjaya (yang kini Wakil Bupati Tabanan).

Sebelum deklrasi kebulatan tekad untuk menangkan KBS-Ace, massa kader PDIP berjumlah 3.500 orang lebih dulu melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Puncak Padang Dawa, Desa Bangli, Minggu siang sekitar puku 11.00 Wita.

Dalam orasinya, Wayan Koster alias KBS mengatakan jika nanti terpilih menjadi Gubernur Bali 2018-2023 melalui Pilgub, 27 Juni 2018, dirinya berkomitmen untuk membangun dan menata Pola Pembangunan Semesta Berencana dengan visi ‘Kerti Sat Loka Bali’. Visi ini bermakna menjaga keseimbangan dan keharmonisan alam semesta beserta isinya, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Bali secara sekala-niskala. "Karena itu, jangan ragu, sarengin tiyang niki supaya bisa menang," ujar politisi militant PDIP asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Bule-leng yang juga anggota Komisi X DPR RI Dapil Bali tiga periode ini.

Agar komitmen itu tercapai, KBS akan menerapkan sistem pembangunan secara terpola dan terencana, menyeluruh dan terintegrasi, yang meliputi 5 bidang prioritas. Rinciannya, pemenuhan sandang-pangan-papan, pendidikan dan kesehatan, kesejahteraan sosial dan ketenagakerjaan, agama-tradisi-budaya, serta pariwisata dan pembangu-nan infrastruktur secara integrasi. "Ini yang saya akan terapkan jika saya terpilih jadi Gubernur Bali," janji KBS.

Khusus untuk Tabanan yang selama ini mendapat predikat lumbung beras, KBS berjanji akan memperhatikan sektor pertanian. Dengan begitu, sebutan lumbung beras semakin eksis. Bahkan, KBS juga siap mendirikan pabrik penggilingan gabah terbesar di Tabanan, supaya bisa meningkatkan kesejahteraan petani setempat. “Kita bangun pabrik penggiliangan gabah terbesar di Tabanan,” tandas KBS.

KBS menegaskan, pihaknya akan memperhatikan dan membangun apa yang dibutuhkan Tabanan sebagai lumbung beras. "Kami akan dukung apa yang deprogramkan oleh Bupati Tabanan. Termasuk nanti di Tabanan supaya punya penggilingan gabah terbesar,” ulangnya.

KBS sendiri memuji acara deklarasi di Kecamtan Baturiti, Minggu kemarin, yang suasananya sangat hidup dan penuh spirit serta berbudaya. "Suasananya hidup, penuh budaya, bahkan ada sebuah lagu yang dinyanyikan nanti saya akan direkam dan dibawa saat deklrasi mendatang."

Dalam kesempatan itu, KBS menegskan KBS-Ace dirarget menang 75 persen suara di Tabanan. Sedangkan target kemenangan KBS-Ace di selutuh Bali dalam Pilgub 2018 adalah 70 persen. Karena itu, semua kader PDIP diharapkan bekerja keras untuk mencapai target tersebut.

Sementara, Ketua Tim Pemenangan KBS-Ace Kabupaten Tabanan, IKG Sanjaya, mengatakan ada 3.500 massa yang hadiri deklrasi di Desa Bangli, Minggu kemarin. "Antusiasme masyarakat sangat bagus dan mereka seksama mendengarkan visi misi. Mudah-mudahan ini bisa kami tularkan di semua kecamatan se-Tabanan," papar Sanjaya.

Sanjaya meyakinkan tidak ada instruksikan PNS menghadiri acara deklarasi kemarin. "Karena ini sudah aturan, tidak ada kami ngundang PNS. Tadi Pawanslu Tabanan juga ikut mendampingi kami," katanya.

Pada bagian lain, Sanjaya menyebutkan, yang diperlukan Tabanan dalam sektor pertanian adalah bagaimana produk pertanian bisa dipasarkan dengan baik. Selama ini, sangat susah dalam pemasaran produk pertanian.

“Dengan pola one island one management, konsep KBS-Ace akan membeli (produk pertanian) semuanya. Program ini akan membuat petani sumringah. Apalagi, pernyataan Pak Koster agar di Tabanan punya pabrik penggilingan gabah,” jelas Wakil Bupati Tabanan ini.

Sementara itu, Bupati Putu Eka Wiryastuti berjanji pihaknya akan berupaya maksimal untuk menangkan KBS-Ace di Tabanan. "Kami selaku kader PDI Perjuangan sangat yakin untuk bisa memerahkan Tabanan," tegas Bupati Wanita Pertama di Bali ini. *d

Komentar