nusabali

Buleleng Rengkuh Prestasi Bintang Dua

  • www.nusabali.com-buleleng-rengkuh-prestasi-bintang-dua

Kinerja Penyelenggaraan Roda Pemerintahan Dianggap Terbaik

SINGARAJA, NusaBali
Pemkab Buleleng mendapat penghargaan dengan status kinerja tertinggi bintang dua dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penghargaan ini diraih berkat sukses Pemkab Buleleng meningkatkan kinerjanya dalam penyelenggaran roda pemerintahan. Pemkab Buleleng pun masuk dalam daftar 100 besar kabupaten/kota dengan penyelenggaraan roda pemerintahan terbaik se-Indonesia.

Penghargaan dengan status kinerja tertinggi bingang dua untuk Pemkab Buleleng ini diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumulo  kepada Bupati Buleleng yang diwakili Wabup dr Nyoman Sutjidra SpOG dalam acara ‘Malam Apresiasi Kinerja Penyelenggaran Pemerintahan Daerah’, di The Sultan Hotel Jakarta, Rabu (25/4) malam. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka peringatan HUT ke-22 Otonomi Daerah, 25 April 2018.

Pemkab Buleleng sendiri berhasil meraih peringkat kinerja tertinggi bintang dua setelah mengumpulkan skor 32.046 atas penilaian penyelenggaraan pemerintahan daerah pada 2016 lalu. Menurut Wabup Nyoman Sutjidra, dalam pemberian penghargaan tersebut, yang dinilai adalah semua hal yang berbasis kinerja pemerintahan yang dilaksanakan Pemkab Buleleng.

Sutjidra berharap penghargaan tersebut bisa menjadi semangat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Buleleng untuk terus kompak dan kerja keras dalam pemerintahan daerah, demi kepentingan bersama. “Ini menjadi motivasi kami untuk terus bekerja dengan lebih maksimal. Kami berharap prestasi ini meningkat menjadi bintang empat,” ujar Sutjidra di Singaraja, Kamis (26/4).

Secara terpisah, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan penilaian ini tentunya tidak terlepas dari capaian terhadap peningkatan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2016. Ini prestasi membanggakan. Bupati Agus Suradnyana pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Buleleng yang telah berupaya untuk lebih baik.

Agus Suradnyana menegaskan, penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi dalam meningkatkan kinerja guna lebih baik lagi. “Kita wajib pertahankan dan tingkatkan lagi. Terima kasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak, terlebih kepada masyarakat Kabupaten Buleleng,” jelas Bupati yang juga Ketua DPC PDIP Buleleng ini.

Sementara itu, Dirjen Oltonomi Daerah Kemendagri, Sumarsono, mengucapkan terima kasih kepada setiap daerah yang telah melakukan upacara bendera HUT Otonomi Daerah, yang diperingati setiap 25 April berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1996 tentang Hari Otonomi Daerah. Tujuannya adalah untuk memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan Otonomi Daerah disetiap tingkatan pemerintahan, mulai dari pusat sampai ke daerah.

“Pada 2018 ini, Otonomi Daerah sudah menginjak 22 tahun dan harus terus menentukan arah. Diperlukan rekam jejak yang baik dalam pelaksanaan Otonomi Daerah, sehingga Otonomi Daerah berjalan efektif dari tahun ke tahun,” kata Sumarson. *k19

Komentar