nusabali

UMKM Terima Bantuan Peralatan Ukir

  • www.nusabali.com-umkm-terima-bantuan-peralatan-ukir

Pemkab Badung menggelontorkan bantuan alat ukir kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

MANGUPURA, NusaBali
Ada delapan kelompok dari tiga kecamatan yang menerima bantuan dari pemkab tersebut.  Penyerahan bantuan yang dilakukan pada Selasa (2/6), di Ruang Kriya Gosana Puspem Badung, dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan I Dewa Made Apramana didampingi oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM), dan Perdagangan I Ketut Karpiana dan beberapa perwakilan dari UMKM di Badung.

Penerima bantuan adalah Kelompok Seni Rata Sedana Desa Kekeran (Mengwi), Kelompok Mandara Giri Desa Kekeran (Mengwi), Kelompok Sanggar Alam Seni Tangeb, Kelurahan Abianbase (Mengwi), Kelompok Adhi Yasa Handy Craft Desa Abiansemal (Abiansemal), Kelompok Konveksi Sinar Mas Desa Dalung (Kuta Utara), Kelompok Ukir Dian Patra Tangeb Kelurahan Abianbase (Mengwi), Kelompok Ukir Surya Buana Tangeb Kelurahan Abianbase (Mengwi), serta Kelompok Ukir Ganesh Tangeb Kelurahan Abianbase (Mengwi).

“Yang kami berikan bantuan ini sebanyak 8 kelompok yang ada di Badung. Di antaranya perajin ukiran dan konveksi yang berasal dari beberapa daerah seperti Abiansemal, Dalung, dan Mengwi. Bantuan yang kami berikan berupa alat-alat kerja,” kata Karpiana, birokrat asal Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi.

Menurut Karpiana, perhatian yang diberikan tidak sebatas pemberian bantuan peralatan. Namun kebutuhan dari hulu sampai ke hilir telah dibantu oleh Pemkab Badung. “Jadi hulunya apa yang dibutuhkan seperti fasilitas di bidang sarana dan prasarana. Kemudian dari hilir kami dampingi dan kami bina SDM-nya  dengan pelatihan-pelatihan seperti bagaimana mengelola usaha tersebut dengan baik,” papar Karpiana.

“Mudah-mudahan bantuan berupa peralatan kerja bagi UMKM dapat meningkatkan produksi dan mengembangkan usaha. Dengan begitu nantinya mampu membangun lapangan pekerjaan bagi orang-orang di sekitar,” kata Dewa Apramana mewakili Bupati Nyoman Giri Prasta. *asa

Komentar