nusabali

Bersihkan Dua Truk Sampah Organik

  • www.nusabali.com-bersihkan-dua-truk-sampah-organik

Menjelang pelaksanaan anual meeting IMF-World Bank di Bali, Oktober 2018, Pemkab Gianyar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar, dan komponen masyarakat terus mewujudkna kebersihan.

Gianyar Perangi Sampah Laut di Pantai Saba

GIANYAR, NusaBali
Pemkab Gianyar bersinergi dengan Pemprov Bali serta komunitas peduli lingkungan melaksanakan kebersihan di Pantai Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Jumat (31/8). Dari aksi ini terkumpul dan tertangani dua truk sampah organik dan satu bak viar sampah plastik.

Gerakan bersih pantai ini dipimpin Asisten 1 Setda Gianyar I Wayan Suardana, dihadiri para pejabat dan pegawai DLH Bali, Kantor Pusat Pengembangan Pembangunan Ekoregion Bali Nusra Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Hadir pula para pegawai Pemkab Gianyar, Komunitas Pencinta Lingkungan Trush Hero, Tol Tol, Niltil Lulu, Amigos, Dolly Hardline, dan Relawan Cilik Perangi Sampah.

Kepala DLH Gianyar I Wayan Kujus Pawitra mengatakan kegiatan ini , dalam upaya mewujudkan Gianyar Bagus (bersih, aman, giat, berbudaya, dan sejahtera). Pemkab juga terus mengkampanyekan gerakan kebersihan, lanjut penanganan dan pengelolaan sampah. Pelbagai telah dilakukan di antaranya melalui sosialisasi Perda No 11 Tahun 2013 dan Perbub No 42 Tahun 2015 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.

Selain itu, lanjut Kujus Pawitra, DLH Gianyar juga menyelenggarakan lomba kebersihan dan keindahan lingkungan antar desa, antar kantor instansi pemerintah dan OPD serta lomba kebersihan antar pasar umum di Gianyar. Lomba ini sebagai usaha untuk mengedukasi masyarakat agar terus sadar lingkungan. Permasalahan sampah harus ditangani secara terus menerus dan memerlukan dukungan semua stake holder. ‘’Semua pihak baik pemerintah swasta dan masyarakat, diperlukan dukungan sarana dan prasana yang memadai, serta keseriusan dan komitmen bersama," ujarnya.  

Kata Kujus Pawitra, tidak cukup dengan edukasi dan sosialisasi. Aksi nyata pengelolaan sampah sangat dibutuhkan. Aksi nyata berupa kebersihan pantai  atau coastal clean up setiap Jumat di Ganyar. Seperti halnya, Jumat kemarin,   membersihkan pantai dipusatkan di Pantai Saba. Gerakan ini didukung kepolisian dan Kodim Gianyar dengan menurunkan personel dan pol air. Pihaknya menyampaikan terimaksih atas dukungan semua pihak.  "Mari terus kita gerakan kebersihan, sambil berolahraga, refreshing di pantai," ungkapnya.

Plh Bupati Gianyar yang Sekda Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya mengatakan, kegiatan kali ini merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran semua pihak dalam menjaga kebersihan dan peduli sampah di Gianyar. Kegiatan ini diharapkan mendorong partisipasi semua komponen untuk semakin menjaga kebersihan lingkungan serta peduli sampah.*nvi

Komentar