nusabali

Truk Alami Rem Blong, 25 Ton Gula Tumpah

  • www.nusabali.com-truk-alami-rem-blong-25-ton-gula-tumpah

Truk bernomor polisi P 9012 UL yang dikemudikan Suyono, 38, asal Dusun Krajan, RT2 RW9 Balung Kulon, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, terguling di jalan jurusan Denpasar – Gilimanuk Banjar Penyalin, Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan, Tabanan pada Kamis (1/11).

TABANAN, NusaBali
Akibatnya muatan gula 25 ton tumpah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Informasi yang dihimpun di lapangan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 04.00 Wita. Truk yang datang dari arah Gilimanuk menuju Denpasar, saat melintasi jalan turunan hendak berbelok, mendadak alami rem blong.

Sopir yang kaget karena mendadak rem blong, hendak banting setir ke kanan agar tidak menabrak pembatas jembatan. Namun apes, sopir Suyono tidak bisa menguasai kendaraan lalu truk pun terguling. Akibat kejadian tersebut seluruh muatan gula pasir yang rencananya dibawa ke gudang Bulog, Kecamatan Kediri, tumpah.

Ditemui di lapangan, Suyono mengaku tidak mengantuk. Dia mengatakan truk yang dikemudikan alami rem blong. “Tidak ngantuk saya, sebelumnya saya sudah sempat istirahat di sekitaran Kecamatan Selemadeg Barat,” katanya.

Akibat peristiwa tersebut seluruh muatan gula pasir yang diambil dari Surabaya tumpah. Bahkan ada yang karungnya sobek sebagian. “Banyak karung gula yang robek, syukur saya tidak ada luka,” imbuhnya.

Untuk melakukan evakuasi, muatan truk yang terguling dipindah. Lalu truk akan dievakuasi menggunakan derek. “Kami masih carikan derek agar lebih mudah mengangkut,” tegas Suyono.

Kapolsek Kerambitan Kompol I Wayan Suana menjelaskan truk terguling karena rem blong. Sehingga ketika pengemudi hendak bating setir, truk tak bisa dikendalikan. “Rem truk blong itu, untung saja tidak sampai membentur pagar jembatan,” jelasnya.

Sore harinya, truk sudah dievakuasi gunakan derek, agar tidak mengganggu arus lalu lintas. “Sekarang sudah dievakuasi, sebelumnya dilakukan pemindahan muatan. Sopir selamat tak ada korban jiwa,” tandasnya. *de

Komentar