nusabali

Memasuki Jalan Miring, Truk Bermuatan Kardus Terguling

  • www.nusabali.com-memasuki-jalan-miring-truk-bermuatan-kardus-terguling

Sebuah truk Fuso terguling di jalan tanjakan menikung sebelah timur GOR Pekutatan, Jalan Umum Denpasar-Gilimanuk, kilometer 61-62, Banjar Yeh Kuning, Desa/Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Rabu (14/3) dini hari.

NEGARA, NusaBali

Truk bermuatan kardus bekas itu diduga kelebihan muatan. Muatannya juga tidak diatur dengan baik sehingga truk kehilangan keseimbangan saat berusaha memasuki jalan miring.

Berdasar informasi, kecelakaan OC truk Fuso nopol P 9035 ZO itu terjadi sekitar pukul 04.00 Wita. Kejadian bermula saat truk yang dikemudikan Budiharto,39, alamat Jalan Taman Ayodya, Gang I nomor 1, Mumbul, Kuta Selatan, Badung, melaju dari arah timur ke barat atau dari arah Denpasar - Gilimanuk. Begitu memasuki TKP, dengan kondisi jalan tanjakan menikung ke kanan, garis marka utuh, dan cuaca cerah dini hari, truk bermuatan kardus bekas yang melaju pelan, itu tiba-tiba miring ke kanan, dan langsung terguling ke tengah badan jalan arah berlawanan.

Pengemudi yang terguncang di dalam kendaraannya, berhasil selamat tanpa mengalami luka. Namun muatan kardus bekas pada bak truk itu, berserakan ke sisi badan jalan, dan semakin menutup jalan arah berlawanan atau jalur kendaraan dari arah Gilimanuk menuju Denpasar. Menerima laporan kecelakaan tersebut, petugas dari Polsek Pekutatan langsung turun ke TKP untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas. Memasuki pagi sekitar pukul 08.00 Wita, bangkai truk yang menutup jalur kendaraan menuju arah Denpasar, itu lanjut dievakuasi menggunakan derek, sehingga arus lalu lintas yang sempat buka tutup di TKP, dapat berjalan normal kembali. "Tidak ada kemacetan. Tadi pagi sudah langsung dievakuasi," ujar Kasat Lantas Polres Jembrana AKP Yoga Widyatmoko.

Muatan kardus bekas dari truk yang ikut menutupi badan jalan, juga sudah dipindahkan pagi kemarin. Dari keterangan sopir truk tersebut, yang bersangkutan mengaku tidak bisa menguasai laju kendaraannya saat memasuki jalan yang miring ke kanan di TKP, lantaran muatan kardus bekas pada bagian bak truknya itu diduga bergeser ke kanan, sehingga kendaraan miring, dan terguling ke tengah badan jalan arah berlawanan. "Tidak ada korban luka maupun korban jiwa. Hanya kerugian materi kerusakan truk, dengan perkiraan kerugian sekitar Rp 1 juta," ujar AKP Yoga. *ode

Komentar