nusabali

Tangkal Corona, Bangli Siapkan Paneduh

  • www.nusabali.com-tangkal-corona-bangli-siapkan-paneduh

BANGLI, NusaBali
Merebaknya wabah virus Corona menimbulkan keresahan masyarakat Bangli. Terkait kondisi ini, dalam waktu dekat di Bali akan digelar upacara Paneduh, bersamaan dengan Tawur Kasanga, jelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bangli I Nyoman Sukra, Kamis (5/3).  Kata Nyoman Sukra, mewabahnya virus corona di berbagai wilayah cukup membuat masyarakat diselimuti was-was. Tidak sedikit masyarakat yang panik atas kondisi ini. Sebagai langkah secara niskala, dalam waktu dekat akan dilaksanakan Paneduh Merana. "Ucapara akan dilaksanakan bersamaan dengan Tawur Kasanga. Paneduh Merana bertujuan agar wabah corona tidak merebak dan sampai menganggu di Bangli khususnya," jelasnya.

Kata dia, ucapara Paneduh dapat dilaksanakan di masih-masing banjar. Hanya saja untuk sementara sarana ucapara/banten yang harus dipersiapkan masih dalam pembicaraan. "Untuk banten, nantinya akan ada petunjuk dari sulinggih. Kami di PHDI masih berkoordinasi. Dalam waktu dekat, perbekel hingga bendesa adat akan diundang terkait pelaksanaan upacara Paneduh maupun pelaksanaan Hari Raya Nyepi," terang Nyoman Sukra.

Ketua PHDI asal Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli ini mengatakan sejauh ini PHDI belum mengeluarkan edaran apa pun terkait wabah virus corona. Dia mengimbau masyarakat tetap tenang.  Dia mengakui, sasih Kanem hingga Kasanga banyak serangan hama. Maka dari itu dilaksanakan upacara Nangluk Merana.*esa.

Komentar