nusabali

Polres Telusuri Vaksin Palsu

  • www.nusabali.com-polres-telusuri-vaksin-palsu

Jajaran Sat Intel Polres Klungkung bersama Dinas Kesehatan Klungkung melaksanakan penelusuran ke sejumlah rumah sakit, Puskesmas dan lainnya, Jumat (19/8).

SEMARAPURA, NusaBali

Langkah ini untuk memantau kemungkinan peredaran vaksin palsu di Klungkung yang mengebohkan masyarakat sejak beberapa waktu lalu. Razia vaksin palsu ini menindaklanjuti instruksi pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan dan Mabes Polri.

Kasat Intel Polres Klungkung melalui Kanit V Sat Intelkam Iptu Putu Wirawan mengatakan, razia ini melibatkan tenaga ahli dari Diskes Klungkung. Sejauh ini, dari hasil penyisiran, belum ditemukan adanya indikasi peredaran vaksin palsu di Klungkung. “ Sidak ini untuk langkah mengantisipasi,” ujarnya.

Pihaknya juga mendorong Diskes Klungkung untuk membuat surat edaran. Isinya, mengimbau kepada para penyedia layanan pemberian vaksin untuk bersama-sama mencegah beredarnya vaksin palsu. Sasaran surat itu ke rumah sakit swasta dan pemerintah, Puskesmas, bidan praktik dan dokter spesialis anak.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Klungkung dr Ni Made Swapatni mengatakan hingga Jumat kemarin tidak ada vaksin palsu beredar di Kabupaten Klungkung. Kepastian itu diperoleh setelah memantau langsung bersama-sama dengan personil Polres Klungkung stok vaksin di Gudang Dinas Kesehatan dan beberapa Puskesmas serta RS di Klungkung.*w

Komentar