nusabali

Bupati Suwirta Pimpin Penyemprotan Disinfektan

Bupati Mahayastra Hentikan Sementara Car Free Day

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-pimpin-penyemprotan-disinfektan

Penyemprotan juga dilakukan di Pasar Umum Sukawati, Pasar Payangan dan Stadion Kapten I Wayan Dipta.

SEMARAPURA, NusaBali

Pemkab Klungkung melakukan penyemprotan dengan menerjunkan tim dari Dinas Kesehatan Klungkung, Minggu (15/3). Dengan membagi tugas, Bupati Suwirta memimpin penyemprotan di Pelabuhan Tribuana, Desa Kusamba (Kecamatan Dawan) dan Pelabuhan Sampalan, Desa Batununggul (Kecamatan Nusa Penida). Sedangkan, Bupati Gianyar I Made Mahayastra dan jajaran melakukan iut, di Pasar Ubud.

Kegiatan tersebut guna menindaklanjuti imbauan Pemprov Bali tentang penyemprotan disinfektan serentak di sejumlah fasilitas umum. Penyemprotan di Pelabuhan Banjar Bias, Desa Kusamba dipimpin Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta. Selain pelabuhan, tim dari Dinas Kesehatan juga melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum lainnya.

Bupati Suwirta mengaku, sebelum imbauan itu turun pihaknya juga telah menginstruksikan jajarannya untuk melakukan penyemprotan dan menyiapkan cairan anti septik pada pintu-pintu masuk perkantoran maupun tempat umum lainnya. Dengan ini diharapkan bisa mengantisipasi sejak dini penyebaran wabah virus Corona atau covid-19. Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan oleh semua OPD Pemkab Klungkung dan partisipasi aktif para pengusaha.

Menyikapi penyebaran wabah covid-19 ini, Bupati Suwirta mengimbau masyarakat untuk tidak panik. Dia mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih, serta kebersihan lingkungan.

Disinggung perlu tidaknya meliburkan siswa, Bupati Suwirta mengaku akan merapatkan karena tidak bisa serta merta meliburkan siswa. Dia juga masih menunggu instruksi Gubernur Bali.

Sementara itu, Bupati Gianyar Made ‘Agus’ Mahayastra didampingi Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana, Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro pimpin langsung aksi penyemprotan disinfektan di Pasar Ubud, Minggu (15/3). Penyemprotan disinfektan juga dilakukan di Pasar Umum Sukawati, Pasar Payangan dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh. Penyemprotan juga pada angkutan siswa, angkutan umum serta lingkungan Mapolres Gianyar khususnya pada pelayanan SIM.

Sebagai antisipasi lain, Mahayastra menghentikan sementara penyelenggaraan Car Free Day (CFD) setiap Minggu pagi di Taman Kota Ciung Wenara. “Mulai Minggu depan, CFD kita stop dulu. Tadi pagi menjadi yang terakhir,” tegas Bupati Mahayastra.

Penutupan CFD sementara ini dilakukan sebagai salah satu upaya mengantisipasi penyebaran virus. Penutupan ini hingga kepastian situasi. “Sampai batas waktu yang tidak ditentukan, " katanya.

Terkait penutupan keramaian seperti tempat wisata, destinasi wisata, serta sekolah di Gianyar, Mahayastra mengatakan masih melakukan kajian dan menunggu instruksi dari Gubernur Bali. Karena menurutnya, pencegahan penyebaran virus Corona ini mesti dilaksanakan secara serentak dan bersama-sama. “Kalau sekolah kita menunggu intruksi dari bapak Gubernur, tidak hanya sekolah termasuk destinasi wisata,” katanya.

Bupati Mahayastra mengatakan upaya memutus penyebaran virus ini harus dilakukan secara bersama, seluruh pemerintahan di Bali. “Kalau kita bergerak agar serentak bergerak, jangan ada yang bergerak ada yang tidak, ini untuk memutus virus,” katanya.*wan, nvi

Komentar