nusabali

237 PMI Tiba di Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-237-pmi-tiba-di-bandara-ngurah-rai

MANGUPURA, NusaBali
Sebanyak 237 Pekerja Migran Indonesia (PMI) tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung pada Senin (20/4).

Ratusan PMI tersebut langsung didata dan diperiksa oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Satgas Covid-19 Provinsi Bali. Hasil pemeriksaan, tidak ada yang terindikasi terjangkit Covid-19 atau virus Corona.

Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV Amir Elfi menerangkan ratusan PMI tersebut tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Senin pukul 14.31 Wita. Ratusan PMI itu berangkat dari Madrid, menggunakan pesawat carteran dengan nomor penerbangan PLM 326/327P. Setibanya di Bandara Ngurah Rai, ratusan PMI langsung diarahkan ke ruangan pemeriksaan thermal scanner untuk mengetahui suhu tubuh masing-masing.

“Setelah pemeriksaan suhu itu, baru mereka diarahkan ke ruangan pemeriksaan berkas termasuk memeriksa sertifikat kesehatan para PMI. Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan rapid test oleh KKP dan Satgas Covid-19,” tutur Amir Elfi, Senin sore.

Dari pemeriksaan PMI yang bekerja di tiga kapal pesiar yakni Royal Caribbean Cruise Line, Celebrity Millenium, dan Disney Wonder dinyatakan sehat. Meski demikian, para PMI itu tersebut ditangani oleh Satgas Covid-19 Provinsi Bali untuk dilakukan karantina. Masih menurut Amir Elfi, untuk kedatangan PMI ke depan masih terus berlangsung. Para PMI itu datang dari berbagai negara dengan berbagai latar belakang pekerjaan. “Permintaan untuk evakuasi mereka ke Bandara Ngurah Rai masih ada dari Kementerian Luar Negeri. Sehingga akan terus ada PMI yang berdatangan dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Dalam penanganan terhadap para PMI itu, Otban sudah memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan SOP yang ada. Pun berbagai upaya untuk pencegahan virus Corona sudah diantisipasi dengan menerapkan tiga tahapan pemeriksaan yakni dari thermal scanner, wawancara, dan penyerahan berkas pemeriksaan kesehatan serta rapid test yang digelar oleh tim KKP dan Satgas Covid-19. “Penanganan selama ini sudah sesuai prosedur yang ada. Bahkan, ini dilakukan secara teliti dan jeli agar tidak ada yang terindikasi di kemudian hari,” kata Amir Elfi. *dar

Komentar