nusabali

110 Orang PMI Asli Badung Menjalani Karantina

  • www.nusabali.com-110-orang-pmi-asli-badung-menjalani-karantina

MANGUPURA, NusaBali
Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang menjalani karantina sekembalinya dari luar negeri semakin bertambah.

Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Badung, total PMI yang saat ini menjalani karantina selama 14 hari di rumah singgah yang disiapkan pemerintah sudah mencapai 110 orang.

“Total PMI yang telah dikarantina sebanyak 110 orang. Mereka ada di dua hotel berbeda. Ada di salah satu hotel di Tuban sebanyak 56 orang, dan 54 orang ada di salah satu hotel di Legian,” ungkap Koordinator Gugur Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Badung dr I Nyoman Gunarta, Senin (20/4).

Menurut dr Gunarta, jumlah PMI ini bisa saja bertambah, sebab kedatangannya secara bergelombang. “Atas petunjuk pimpinan, akhirnya dilakukan penambahan kamar untuk rumah singgah sementara para PMI,” imbuhnya.

Sejauh ini, dengan telah terisi 110 orang PMI, masih tersisa lagi sekitar 88 kamar. “Jadi, tidak perlu khawatir, masih ada tersisa kamar untuk PMI kita yang baru tiba,” tegas birokrat asal Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal, ini.

Disinggung kondisi para PMI, pihaknya memastikan dalam kondisi baik. “Kondisi PMI saat ini semuanya dalam keadaan sehat,” tandasnya.

Apakah akan ada penambahan PMI lagi? Mantan Dirut RSD Mangusada, Kabupaten Badung itu mengiyakan. “Katanya ada datang lagi 200 orang. Tapi untuk Badung belum jelas jumlahnya,” kata dr Gunarta.

Sementara itu, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa telah menegaskan bahwa pemerintah daerah siap memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh PMI, khusus yang ber-KTP Badung. “Pemerintah daerah ingin memberikan jaminan dan keyakinan kepada semua pihak masyarakat agar tidak ada keraguan dan kekhawatiran, karena PMI juga manusia biasa yang sama dengan yang lainnya,” kata Wabup Suiasa.

Wabup Suiasa pun memberi sinyal akan menyiapkan berapa pun kebutuhan yang diperlukan untuk rumah singgah para PMI tersebut. “Nanti untuk kebutuhannya kita sesuaikan dengan perkembangan di lapangan, karena potensi PMI Badung berjumlah 500 orang,” ungkapnya.

Wabup Suiasa, juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan semua elemen krama Badung dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Sehingga Pemkab Badung menjadi lebih semangat melakukan aksi dan langkah langkah konkret mitigasi penanggulangan Covid-19, dan selalu berusaha melindungi keselamatan dan kesehatan seluruh masyarakat Badung. *asa

Komentar