nusabali

Banyak PMI Selesai Karantina, Namun Jumlah PDP Bertambah

  • www.nusabali.com-banyak-pmi-selesai-karantina-namun-jumlah-pdp-bertambah

TABANAN, NusaBali
Jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kabupaten Tabanan yang menjalani karantina terpusat sudah semakin berkurang.

Namun saat ini masih ada 3 pasien yang positif Covid-19 dan sudah dirawat di rumah sakit berbeda. Tak hanya itu, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) juga bertambah menjadi 7 orang dan sudah menjalani isolasi di Rumah Sakit Nyitdah Kecamatan Kediri, Tabanan.

Saat ini di sekitar 134 PMI yang sedang menjalani karantina di hotel yang ada di wilayah Tabanan maupun di wilayah Kabupaten Badung. Bahkan sebanyak 31 orang kembali selesai menjalani karantina dan sudah dijemput keluarga pada Minggu (10/5).

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Tabanan I Putu Dian Setiawan, menjelaskan pada Minggu (10/5) sore total PMI yang pulang dan selesai menjalani karantina sebanyak 31 orang. Rinciannya 28 orang perempuan dan 3 orang laki-laki. “Setelah selesai jalani karantina, mereka diangkut bus menuju Terminal Kediri kemudian dijemput keluarga,” kata Dian Setiawan.

Menurut Dian Setiawan, PMI yang pulang tersebut telah selesai menjalani karantina dan sudah menjalani rapid test dengan hasil negatif. “Sekarang PMI yang masih menjalani karantina masih tercatat 134 orang,” tegasnya.

Diakui Dian Setiawan meskipun banyak yang sudah selesai menjalani karantina, PMI yang datang juga masih banyak. Sehingga belum ada hotel yang kosong. Terbaru pada Minggu (10/5) sebanyak 8 orang PMI datang dari luar negeri dan sudah langsung dikarantina di Hotel Vista Tabanan.

Kemudian mengenai jumlah PDP sebanyak 7 orang, seluruhnya adalah PMI. Mereka sudah diisolasi di Rumah Sakit Nyitdah. “Yang PDP seluruhnya sudah diisolasi di RS Nyitdah. Begitu pun PMI yang hasil rapid mereka reaktif sudah ditangani dan tidak sampai pulang ke keluarga,” tandas Dian Setiawan.

Dalam kesempatan tersebut Dian Setiawan juga meminta kepada PMI yang sudah selesai menjalani karantina dan pulang, tetap menjaga kesehatan. wajib mengenakan masker. Dan yang terpenting bila terjadi keluhan kesehatan segera ke puskesmas dan petugas kesehatan untuk memeriksakan diri. “Kami imbau PMI yang sudah di rumah tetap menjaga kesehatan, dan kalau terjadi keluhan segera ke petugas kesehatan,” ucapnya.

Dian Setiawan juga menyampaikan, Tabanan memberlakukan zona wajib masker. Untuk itu gugus tugas melalui Satpol PP Tabanan sudah bergerak memantau. Bila ada yang kedapatan melanggar, diberikan peringatan. “Di pasar juga sudah dipantau. Pedagang dan pembeli wajib gunakan masker,” tandasnya.  *des

Komentar