nusabali

Arsenal Gagal ke Zona Eropa

Pertama Kali dalam Seperempat Abad

  • www.nusabali.com-arsenal-gagal-ke-zona-eropa

BIRMINGHAM, NusaBali
Arsenal gagal finis di zona Eropa dan dipastikan di luar enam besar klasemen Premier League. Hal itu karena The Gunners tumbang di markas Aston Villa 0-1, di Villa Park, Rabu (22/7) dinihari Wita.

Kekalahan tersebut jadi ironi. Betapa tidak, dentuman Meriam London baru saja ‘menyalak’ keras, dengan mengalahkan dua tim peringkat atas Premier League. Yakni, Liverpool 2-1 (pekan ke 36 Liga Inggris) dan Manchester City 2-0 (semifinal Piala FA). Kini, mereka pun menyerah 0-1 dari tim di peringkat kedua terbawah Liga Inggris.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta menilai, kekalahan itu bukan hasil yang diinginkan. Tapi dalam taraf tertentu, Arteta menilai Arsenal sudah cukup bagus. Dia menilai, timnya bermain lebih dominan dengan penguasaan bola mencapai 69%.

Namun tujuh tembakan dicatatkan tanpa satupun mengarah ke gawang, dan Villa punya delapan percobaan tiga on target. Kekalahan ini membuat momentum bagus yang sebelumnya dibangun Arsenal lepas begitu saja.  

Arteta memperkirakan kelelahan menjadi salah satu penyebab hasil negatif di markas Villa. Tapi setidaknya dia cukup senang melihat para pemainnya berusaha keras dengan kondisi yang tak ideal.

"Villa mengerahkan segala upaya dan mungkin kami kekurangan sedikit kebugaran," ungkapnya kepada Sky Sports, seperti dikutip BBC.

Sementara itu, kekalahan dari Villa membuat Arsenal turun ke peringkat ke-10 klasemen dengan 53 poin dari 37 laga. Dengan satu lagatersisa, tim arahan Mikel Arteta itu dipastikan tidak mampu mengejar Wolverhampton Wanderers di posisi keenam dengan 59 poin.

Hasil itu yang pertama bagi Arsenal dalam 25 tahun (seperempat abad) finish di luar enam besar Premier League. Pada musim 1994/1995, Arsenal mengakhiri musim di urutan ke-12.

Selanjutnya Arsenal akan menghadapi Watford di pekan terakhir Premier League, Minggu (26/7) malam Wita. Kemenangan dari laga ini setidak-tidaknya akan membawa Arsenal naik ke peringkat delapan atau sembilan.

Sedangkan kemenangan atas Arsenal sangat berarti bagi Aston Villa. Jack Grealish dkk keluar dari zona degradasi dengan menempati peringkat ke-17 klasemen Liga Inggris dengan 34 poin.

Villa menggeser Watford yang beberapa jam sebelumnya kalah 0-4 dari Manchester City. Watford turun ke posisi ke-18 karena kalah selisih gol dari Villa meski punya jumlah poin sama.

Villa, Watford, dan Bournemouth akan bersaing untuk menghindari degradasi di pekan terakhir. Setelah Norwich City, akan ada dua tim lagi yang akan turun ke Divisi Championship. *

Komentar