nusabali

Genjot Promosi Pariwisata, Bupati Kukuhkan BPPD Jembrana

  • www.nusabali.com-genjot-promosi-pariwisata-bupati-kukuhkan-bppd-jembrana

NEGARA, NusaBali
Sebagai salah satu upaya meningkatkan daya tarik wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Jembrana, berusaha menggenjot kunjungan wisatawan melalaui promosi destinasi-destinasi wisata.

Guna mendukung hal tersebut, Pemkab Jembrana membentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Jembrana.  BPPD Jembrana resmi dikukuhkan Bupati Jembrana I Putu Artha di Hotel Puri Dajuma, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Rabu (7/10). Dalam acara tersebut, hadir Sekda Jembrana I Made Sudiada, para Asisten Setda Jembrana, Kepala Dinas Parbud Jembrana Nengah Alit, dan Kepala Dinas Pariwisata Bali diwakili Kepala Seksi Analisa Pasar Pariwisata Dinas Pariwisata Bali I Nyoman Gede Gunadika, beserta seluruh kepengurusan BPPD Jembrana masa bhakti 2020-2024

Kadis Parbud Jembrana Nengah Alit mengatakan, BPPD Jembrana merupakan lembaga mandiri dalam melaksanakan kegiatan promosi pariwisata di daerah. Struktur organisasinya terdiri dari unsur penentu kebijakan dan unsur pelaksana. Tujuan pembentukan BPPD Jembrana ini, menjembatani dan mengakomodasi kepentingan pelaku wisata daerah dalam mengembangkan dan memromosikan pariwisata di Jembrana.

“Struktur keanggotaan BPPD Jembrana ini ada sembilan orang. Terdiri dari empat orang dari asosiasi kepariwisataan, dua orang dari asosiasi profesi kepariwisataan, seorang dari asosiasi penerbangan, serta dua orang dari pakar atau akademisi,” ucap Alit.

Usai acara tersebut, Bupati Artha mengharapkan, BPPD Jembrana dapat mengemban tugas mulia dalam rangka memajukan kepariwisataan Jembrana selama empat tahun ke depan. Terlebih kepengurusan BPPD ini juga terdiri dari para praktisi dan akademisi yang mumpuni, serta mendapatkan pengakuan secara luas dalam bidang kepariwisataan.

“Saya sangat mengapresiasi dengan terbentuknya BPPD Jembrana. Hal tersebut, tentunya akan menjadi kekuatan tersendiri bagi pengembangan pariwisata Jembrana. Sehingga Jembrana semakin dikenal yang pada akhirnya akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Jembrana,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Artha menambahkan, BPPD Jembrana juga sebagai mentor atau pendamping bagi para pelaku-pelaku pariwisata di Jembrana. Pendampingan yang diberikan, bagaimana ikut serta mencarikan terobosan-terobosan dalam rangka menggerakkan pelaku-pelaku wisata di Jembrana. “Saya berharap dengan kepengurusan BPPD ini, mampu dan bisa. Tidak hanya sebatas pengalaman saja. Namun ikut mencarikan terobosan-terobosan bagi para pelaku pariwisata di Jembrana dalam mendatangkan wisatawan ke Jembrana,” ucapnya.

Ketua BPPD Jembrana I Kadek Rondy Gunawan menyampaikan, pembentukan BPPD Jembrana ini didasari Keputusan Menteri Pariwisata. Fungsinya, selain menjadi koordinator promosi  yang dilakukan oleh pelaku pariwisata di Jembrana, juga sebagai partner bagi Pemerintah Daerah untuk mengembangkan dan memajukan pariwisata di Jembrana. “Seperti kita ketahui bersama, kabupaten Jembrana memiliki potensi yang sangat luar biasa. Yang jika dikembangkan dan digarap dengan promosi yang tepat, bisa menjadi destinasi yang sangat menarik baik  wisatawan asing maupun wisatawan domestik,” ucapnya. *ode

Komentar