nusabali

Baru Diperbaiki, Jaringan PDAM Rusak Lagi

  • www.nusabali.com-baru-diperbaiki-jaringan-pdam-rusak-lagi

BANGLI, NusaBali
Jaringan pipa PDAM Bangli di sumber mata air Gamongan, Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli putus akibat tertimbun longsor, Sabtu (12/12).

Jaringan pipa ini baru saja diperbaiki, namun rusak lagi akibat bencana alam. Pasokan air bersih ke pelanggan pun terganggu.

Direktur PDAM Bangli, Dewa Gde Ratno Suparso Mesi, mengatakan jaringan pipa transmisi di sumber mata air Gamongan putus diterjang longsor. Kerusakan jaringan diketahui pada Sabtu pagi dan langsung dilakukan perbaikan. “Posisi jaringan pipa dekat tebing. Tebing longsor langsung menerjang jaringan pipa transmisi,” jelas Dewa Rono panggilan akrab Dewa Suparso Mesi, Minggu (13/12).

Hari itu juga perbaikan tuntas dikerjakan. Namun kerusakan kembali terjadi di lokasi yang sama, hanya titik kerusakan berbeda. “Air dari sumber sudah naik ke bak reservoar, namun malam harinya air tiba-tiba tidak mengalir. Setelah dilakukan pengecekan ternyata sambungan L dekat lokasi pipa yang diperbaiki sebelumnya pecah,” sebutnya. Perbaikan dilakukan pada Minggu pagi. Hanya saja, akibat hujan perbaikan tidak dapat dilanjutkan. Layanan ke pelanggan dilakukan secara bergilir.

Meski jaringan pipa dekat sungai maupun tebing sering rusak, Dewa Rono mengaku belum kepikiran menggunakan sumur bor atau memanfaatkan air bawah tanah. Menurutnya, dengan sumur bor belum tentu mendapatkan debit air yang diinginkan. Penggunaan sumur bor berdampak pada lingkungan. “Ada imbauan dari Balai Wilayah Sungai agar mengurangi peggunaan air bawah tanah,” tegas Dewa Rono. *esa

Komentar