nusabali

Libur Natal, 400 Wisatawan Berkunjung ke Penglipuran

  • www.nusabali.com-libur-natal-400-wisatawan-berkunjung-ke-penglipuran

BANGLI, NusaBali
Kunjungan wisatawan saat libur Natal di Objek Wisata Desa Tradisional Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, cukup ramai, Jumat (25/12).

Pengelola Objek Wisata Penglipuran dan Satgas Desa Adat tetap mengawasi pengunjung untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (proses). Kunjungan ke Desa Penglipuran tembus 400 wisatawan. Sementara personel Polsek di Karangasem mengawasi objek wisata selama liburan Natal, Jumat (25/12) hingga 4 Januari 2021.

Pengelola Objek Wisata Penglipuran, I Nengah Moneng, mengatakan untuk pengawasan penerapan prokes, pengelola bersama satgas desa adat membagi tugas. Petugas menyebar mulai dari pintu masuk hingga rumah penduduk. “Petugas berkeliling untuk mengingatkan pengunjung agar tetap mematuhi prokes Covid-19,” jelas Nengah Moneng. Diakui jumlah kunjungan cukup banyak, namun petugas masih bisa melakukan pengawasan. “Jumlah kunjungan sekitar 400 orang. Jauh beda dari tahun sebelumnya yang bisa mencapai 1.500 orang dalam sehari,” ungkapnya.

Pengunjung kebanyakan dari pulau Jawa. Pengunjung yang datang langsung dicek suhu tubuhnya. “Pengunjung yang datang dari luar Bali sudah melalui pemeriksaan ketat di bandara maupun yang melewati jalur laut. Kami di sini tidak lagi mengecek hasil pemeriksaannya. Kami hanya cek suhu tubuh dan penggunaan masker,” jelas Nengah Moneng. Dikatakan, Objek Wisata Penglipuran mulai dibuka sejak Oktober lalu. Warung-warung di rumah penduduk juga telah dibuka. Dengan dibukanya objek mulai ada perputaran ekonomi di masyarakat. Pengunjung tidak dikenakan tiket, melainkan donasi atau punia. Pemberlakuan tiket kemungkinan di awal tahun 2021.

Terpisah, Kapolsek Kubu, Karangasem, AKP I Nengah Sona, memimpin pengawasan di Objek Wisata Diving Desa Tulamben, Kecamatan Kubu dan sekitarnya. Sebab di objek itu mulai dikunjungi wisatawan domestik untuk wisata menyelam menikmati panorama alam bawah laut, terutama di objek yang ada kapal Liberty. Petugas bukan saja memantau wisatawan, juga memantau buruh angkut tabung udara untuk perlengkapan penyelaman. “Selama liburan Natal dan tahun baru 2021, kunjungan wisatawan domestik mulai ada peningkatan, kami fokus melakukan pemantauan di objek wisata, salah satunya di objek diving, perairan Desa Tulamben,” kata AKP I Nengah Sona.

Sementara Kapolsek Abang, Karangasem, AKP I Putu Agus Ady Wijaya, memantau di Objek Wisata Tirtagangga, Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Objek Wisata Amed, Desa Purwakerti, dan sekitarnya. Di Objek Wisata Amed juga ada aktivitas diving, snorkeling, dan memancing. “Kami mengimbau petugas angkut tabung untuk aktivitas menyelam agar tetap jaga kesehatan dengan menjalankan protokol kesehatan,” jelas AKP I Putu Agus Ady Wijaya.

Kapolsek Karangasem, Kompol I Ketut Suartika Adnyana, bersama anggotanya memantau Objek Wisata Taman Sukasada Ujung dan Objek Wisata Candidasa di Banjar Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem. Begitu juga Kapolsek Sidemen AKP I Nyoman Artadana memantau objek wisata di Desa Adat Tabola, Desa Sidemen, Kecamatan Sidemen, dan sekitarnya. Hunian villa di Desa Adat Tabola rata-rata berisi 50 persen. Kapolsek Sidemen AKP I Nyoman Artadana memantau tempat rekreasi di Objek Wisata Swing, Banjar Pakel, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen dan di Objek Taman Asta Gangga, Desa Tangkup, Kecamatan Sidemen. *esa, k16

Komentar