nusabali

Komang Suartana Masuk Pelatnas SEAG

  • www.nusabali.com-komang-suartana-masuk-pelatnas-seag

Ikutnya Komang Suartana menjalani tes kesehatan dan fisik, menambah deretan atlet Pulau Seribu Pura yang masuk pelatnas SEAG 2017 di Malaysia.

JAKARTA, NusaBali

Atlet layar Bali Komang Suartana masuk pelatnas SEA Games (SEAG) 2017.  Ikutnya Komang Suartana menjalani tes kesehatan dan fisik, menambah deretan atlet Pulau Seribu Pura yang masuk pelatnas SEAG 2107 di Malaysia. Sebelumnya ada pejudo Ni Kadek Anny Pandini dan Komang Adiartha.

Untuk mempersiapkan diri mengikuti pelatnas itu, peraih medali perak SEAG 2011 di kelas RSX ini mengikuti tes kesehatan dan tes fisik di Jakarta. Tes kesehatan berlangsung Rabu (9/11) kemarin di PP ITKON, Senayan, sedangkan tes fisik di Stadion UNJ, Rawamangun pada Kamis (10/11).

"Tes kesehatan dan tes fisik dilakukan untuk persiapan SEAG," ujar Komang Suartana usai menjalani tes fisik kepada NusaBali, Kamis (10/11). Komang Suartana menuturkan, atlet Bali di cabang olahraga (cabor) layar hanya dirinya seorang. Sementara atlet layar lain yang dipanggil adalah Syadin dari Jakarta. Ketika tes mereka didampingi oleh pengurus cabor layar.

Tes kesehatan yang dijalani Komang Suartana mulai dari urine, darah, treatmil dan kebugaran. "Untuk tes fisik antara lain VO2Max dengan balke. Lalu scot, push up dan kelenturan," terangnya. Dari sekian tes tersebut, tes VO2Max adalah yang terpenting. Sebab, VO2Max sama dengan daya tahan dan pumping bisa maximal. Semua Komang Suartana jalani dengan baik.

Ia juga tidak mengalami kesulitan, lantaran terbiasa melakukannya. Usai menjalani tes fisik, adik dari atlet layar Bali Gede Subagiasa ini langsung balik ke Pulau Dewata. Pasalnya, ia harus berlatih kembali. Plus menyiapkan diri untuk mengikuti ujian di kampusnya, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik (Stispol) Wira Bhakti, Denpasar pada Senin (14/11) nanti.

"Setelah ini saya balik, karena saya mau mempersiapkan diri untuk ujian di Stispol Wira Bhakti," imbuh pria yang duduk di semester V pada jurusan Administrasi Negara ini. Komang Suartana menjelaskan, untuk pelatnas layar berlangsung di Bali. Namun training camp masih belum ditentukan. Yang pasti, training camp bakal lebih banyak di Malaysia agar lebih mengenal lokasi pertandingan.

Di SEAG Komang Suartana turun di nomor RS One. Ia berharap bisa mempersembahkan emas di SEAG Malaysia tahun 2017 mendatang. "Dari Prima menargetkan saya hanya medali pẻrak, tetapi target saya mendapatkan emas," tegasnya.

Terakhir Komang Suartana main di SEAG Jakarta tahun 2011. Kala itu, ia mendapatkan medali perak. Namun pada SEAG 2013 dan 2015, Komang tidak terpilih lantaran Oka Sulaksana yang mewakili Indonesia. k22

Komentar