nusabali

Sanur Zona Hijau, Pelaku dan Pekerja Pariwisata Prioritas Vaksin

  • www.nusabali.com-sanur-zona-hijau-pelaku-dan-pekerja-pariwisata-prioritas-vaksin

DENPASAR, NusaBali
Tiga desa dan kelurahan di Kota Denpasar menjadi prioritas vaksinasi, karena akan dicanangkan masuk zona hijau.

Zona hijau nantinya direncanakan merupakan kawasan yang menjadi salah satu tempat awal pembukaan pariwisata di Bali. Ketiga desa/kelurahan tersebut, yakni Desa Sanur Kaja, Desa Sanur Kauh, dan Kelurahan Sanur, Denpasar Selatan. Ketiganya dipilih masuk dalam kawasan zona hijau karena merupakan pusat objek wisata yang ada di Bali.  Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, Jumat (12/3) mengatakan dengan ditetapkannya kawasan Sanur menjadi kawasan zona hijau, Pemkot Denpasar mengaku siap mendukung dan menindaklanjuti pelaksanaan di lapangan terkait dengan vaksinasi.

Selanjutnya, setelah hari raya Nyepi, Pemkot akan menggelar rapat koordinasi untuk persiapan teknis dengan melibatkan komponen terkait meliputi Yayasan Pembangunan Sanur (YPS), Perhimpunan Hotel dan Restaurant, Perbekel, Lurah, Jero Bendesa, Camat Denpasar Selatan, dan tokoh-tokoh yang ada di Sanur.

Dalam vaksinasi tersebut yang diprioritaskan adalah pelaku dan pekerja pariwisata yang ada di Kawasan Sanur baik dari manager, karyawan, cleaning service, guide, termasuk tukang jukung dan penyewaan fasilitas pariwisata, hingga seluruh masyarakat di wilayah Sanur. "Mereka diprioritaskan karena merupakan pelaku pariwisata yang nantinya dipersiapkan untuk pembukaan pariwisata agar ekonomi bisa kembali bangkit," jelasnya.

Dalam kesiapan itu, ke depannya diharapkan dengan pelaku pariwisata mendapatkan vaksinasi mereka akan siap menerima kunjungan wisatawan. "Baik dari pelayanan di lapangan, melalui hotel restaurant dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan lainnya seperti konferensi dan meeting di kawasan Sanur," imbuhnya.

Walaupun yang bekerja di kawasan Sanur merupakan orang dari luar Denpasar, mereka akan tetap mendapatkan prioritas karena terlibat langsung dalam pemulihan pariwisata di dalamnya. Untuk pelaksanaannya, Dewa Rai mengatakan Pemkot masih menunggu pendataan dari komponen yang terlibat. "Yang jelas yang menjadi prioritas orang yang bekerja di sana termasuk warga luar Denpasar yang bekerja di wilayah Sanur juga menjadi prioritas," tandasnya. *mis

Komentar