nusabali

Wabup Suiasa Laporkan Progres Pelaksanaan Vaksinasi di Badung

Vidcon Dengan Presiden Jokowi

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-laporkan-progres-pelaksanaan-vaksinasi-di-badung

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, mengikuti video conference (vidcon) dengan Presiden RI Joko Widodo dari Hotel Intercontinental, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Selasa (16/3).

Pelaksanaan vidcon ini serangkaian kunjungan kerja Presiden Jokowi dalam rangka meninjau pelaksanaan vaksinasi massal terhadap pekerja pariwisata, tokoh adat, dan pemuka agama di Provinsi Bali.

Sebelum mengikuti acara vidcon dengan Presiden Jokowi, Wabup Suiasa juga menyempatkan diri memantau pelaksanaan vaksinasi terhadap pekerja pariwisata, tokoh adat, dan pemuka agama, yang dilaksanakan oleh pihak manajemen Hotel Ayana Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, bekerja sama dengan jajaran Dinas Kesehatan. Di hadapan Presiden Jokowi, Wabup Suiasa, melaporkan bahwa hingga saat ini Pemkab Badung sudah melaksanakan vaksinasi secara rutin dan secara massal.

Wabup Suiasa menjelaskan, vaksinasi rutin sifatnya harian dengan melibatkan tim yang siaga di masing-masing puskesmas maupun di RSD Mangusada untuk melayani 150 orang masyarakat di tiap lokasi. Wabup asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, ini juga menyampaikan progres yang telah dicapai Pemkab Badung dalam vaksinasi tahap pertama, dengan sasaran pada tenaga medis progressnya mencapai 33 persen, pelayan publik sebanyak 27,5 persen, dan lansia sebanyak 10,6 persen. Sehingga, secara kumulatif sasaran yang telah dicapai sebanyak 29,8 persen.

“Kami tetap siap untuk mengikuti setiap arahan Bapak Presiden dan kami senantiasa berharap agar Badung diberikan suplai vaksin yang cukup, sehingga sektor pariwisata bisa segera kita buka,” kata Wabup Suiasa.

Lebih lanjut Wabup Suiasa melaporan, untuk vaksinasi massal yang dilaksanakan kemarin menyasar dua tempat, yakni Hotel Ayana dan Hotel Intercontinental Jimbaran dengan jumlah peserta sekitar 500 orang di tiap lokasi. “Adapun komponen masyarakat yang divaksinasi yakni dari pekerja pariwisata, tokoh adat, agama, dan lansia yang ada di wilayah Kelurahan Jimbaran. Dengan demikian hari ini di Badung ada 2.500 orang yang mendapatkan vaksinasi dari kegiatan vaksinasi rutin,” katanya.

Pemkab Badung sendiri, lanjut Wabup Suiasa, akan menargetkan 6.000 orang warga Badung yang divaksin dalam sehari. “Vaksinasi kepada seluruh komponen warga Badung merupakan langkah menumbuhkan kepercayaan dunia pariwisata. Untuk itu, Badung berinisiatif secepat mungkin melakukan langkah dan sebanyak mungkin memberikan vaksin kepada masyarakat, terlebih Badung ditunjuk sebagai zona hijau oleh pemerintah pusat yang meliputi wilayah Jimbaran, Tanjung Benoa, dan Benoa,” kata Wabup Suiasa.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi mengucapkan syukur atas terselenggaranya vaksinasi di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Bali. Dalam keterangannya usai meninjau vaksinasi di Ubud, Presiden Jokowi, sempat menyebut bahwa kawasan Nusa Dua (Badung), Ubud (Gianyar), dan Sanur (Denpasar) akan dijadikan zona hijau. “Kita harapkan dengan semakin banyaknya masyarakat yang telah divaksinasi nanti akan terbentuk herd immunity secara komunal, sehingga laju penyebaran Covid-19 bisa kita hambat, kita kurangi, dan bahkan kita hilangkan,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh kepala daerah yang ada di Bali, karena sudah bekerja tanpa kenal lelah mengingatkan masyarakat dalam menjaga prokes secara ketat agar laju Covid-19 bisa berkurang di Bali, sehingga sektor pariwisata Bali bisa dibuka kembali dengan melalui semua tahapan-tahapan menuju sebuah situasi normal. “Untuk saat ini kita harapkan semuanya masih dalam posisi waspada,” tegas Presiden Jokowi. *ind

Komentar