nusabali

Wabup Suiasa Tebar 10 Ribu Benih Ikan Nila di Banjar Juwet

Serangkaian Bulan Bhakti Gotong Royong Desa Abiansemal

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-tebar-10-ribu-benih-ikan-nila-di-banjar-juwet

MANGUPURA, NusaBali
Sebagai upaya melestarikan ekosistem perairan tawar, sekaligus mendorong program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), maka dalam rangka bulan bhakti gotong royong Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menebar 10 ribu benih ikan nila di Dam Subak Latu, Banjar Juwet Desa, Jumat (21/5).

Wabup Suiasa meyakini penebaran ikan akan berpengaruh terhadap lingkungan dan kesehatan serta ekonomi masyarakat setempat.


Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kadis Perikanan Badung I Nyoman Suardana, Camat Abiansemal Ida Bagus Mas Arimbawa, Kapolsek Abiansemal Kompol Ruli Agus Susanto, Ketua BPD, LPM, Kelian Dinas se-Desa Abiansemal, Pekaseh Subak Blahkiuh, serta mahasiswa Unwar Denpasar yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN).

Pada kesempatan itu, Wabup Suiasa menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Desa Abiansemal beserta dengan jajaran BPD dan LPM yang telah melaksanakan kegiatan penting, strategis, dan bermanfaat dalam rangka melaksanakan kegiatan amanah konstitusional dari pemerintah yang disebut dengan bulan bhakti gotong royong. Menurutnya, kegiatan ini prinsipnya adalah untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan wilayahnya sendiri.

“Kegiatan penebaran benih ikan yang dilakukan hari ini termasuk kegiatan yang baik dalam melaksanakan bulan bhakti gotong royong, karena bermanfaat dari segi aspek lingkungan, kesehatan, ekonomi, dan aspek sosial,” ujar Wabup Suiasa.

Menurut Wabup Suiasa, jika penebaran ikan ini dilakukan, maka otomatis lingkungan akan menjadi bersih, ikan akan berkembang, serta akan berdampak pada kesehatan dan ekonomi masyarakat setempat. “Ini merupakan komitmen kita bersama untuk pelestarian lingkungan yang bersih, menjaga habitat-habitat dan ekosistem air tawar khususnya,” kata Wabup asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan itu.

Wabup Suiasa berharap, kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan. Pemerintah Kabupaten Badung sendiri telah menyiapkan benih ikan setiap tahun. Pemkab Badung menargetkan 2 juta benih ikan setiap tahunnya, dan sejauh ini sudah 700 ribu yang sudah disalurkan. “Ini adalah bentuk komitmen kami kepada masyarakat untuk mencapai aspek-aspek strategis tersebut,” imbuhnya.

Tak lupa Wabup Suiasa dalam kesempatan tersebut juga mengajak masyarakat yang hadir agar selalu taat dengan protokol kesehatan (prokes) dan berharap bisa keluar dari tekanan Covid-19, yang berpengaruh kepada ekonomi masyarakat. “Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir dan kita bisa hidup normal kembali,” tandasnya.

Sementara itu Perbekel Abiansemal Ida Bagus Bisma Wiratma, mengatakan kegiatan penebaran benih ikan nila ini dalam rangka bulan bhakti gotong royong Desa Abiansemal tahun 2021. Adapun kegiatan yang sudah dilakukan di Desa Abiansemal selain penanggulangan Covid-19, juga telah dilakukan gotong royong membersihkan pasar, pura, mempromosikan desa wisata dan kegiatan tebar benih ikan sebanyak 10 ribu benin ikan nila. “Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat nantinya bagi lingkungan, masyarakat setempat, serta bisa dilaksanakan secara berkelanjutan,” harapnya. *ind

Komentar