nusabali

Menko Luhut Apresiasi Bupati Giri Prasta Terbaik di Bali

Berhasil Tekan Penyebaran Pandemi Covid-19 di Badung

  • www.nusabali.com-menko-luhut-apresiasi-bupati-giri-prasta-terbaik-di-bali

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Implementasi PPKM Darurat untuk wilayah Provinsi Bali dan Jawa Timur secara virtual dari Puspem Badung, Rabu (7/7).

Dalam rakor tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan memberikan apresiasi khusus kepada Bupati Badung Nyoman Giri Prasta atas capaian indikator kinerja yang baik dalam menekan penyebaran pandemi di Gumi Keris.

Rakor dipimpin oleh Menko Marves Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Jaksa Agung ST Burhanudin, Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito, Gubernur Jatim Kofifah Indar Parawansa dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Dalam rakor tersebut, Luhut menjelaskan untuk mengukur efektifitas kinerja dalam menerapkan PPKM darurat di daerah masing-masing, menggunakan alat ukur indeks mobilitas masyarakat. “Penurunan angka kasus bisa terjadi jika ada penghentian aktivitas masyarakat dari 30 persen hingga 50 persen. Mobilitas masyarakat paling berpengaruh, jadi saya mohon kita semua memahami anatomi masalah. Dengan memahami ini, kita akan tahu cara kerja kita harus bagaimana,” katanya.

Luhut meminta para pejabat daerah bisa menjadikan indeks mobilitas ini sebagai acuan untuk mengukur kinerja optimasi PPKM darurat. “Kapolres, Dandim, Kapolda, dan Pangdam bisa melihat daerahnya masing-masing dari indeks mobilitas masyarakat ini. Dengan target menurunkan mobilitas masyarakat sebanyak 50 persen, kita berharap 20 Juli 2021 nanti bisa mulai membaik,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Luhut juga memberikan apresiasi khusus kepada Bupati Giri Prasta atas capaian indikator kinerja yang baik dalam menekan penyebaran pandemi. “Kami memberikan apresiasi kepada Bupati Badung yang sudah menjadi terbaik di Provinsi Bali dalam capaian indikator kinerja penanganan Covid-19,” kata Luhut.

Sementara itu Bupati Giri Prasta mengatakan, pemerintah Kabupaten Badung sudah menindaklanjuti pemberlakuan PPKM darurat dengan menjalin koordinasi bersama Kapolda, Pangdam, Gubernur dan Bupati/Walikota se-Provinsi Bali. “Kami sudah memiliki satgas gotong royong di kecamatan, kelurahan/desa, dan desa adat, dengan dibantu babinsa dan babinkamtibmas,” ungkapnya.

“Pelaksanaan PPKM darurat di Kabupaten Badung sangat ditaati dan dipatuhi masyarakat. Demikian pula untuk vaksinasi kepada masyarakat kita sudah mencapai angka 108 persen, karena kita di Badung memiliki regu penggerak vaksin yang ada sampai tingkat RT/RW atau banjar. Di samping itu kita juga sudah mulai memberikan vaksin kepada anak sekolah umur 12-17 tahun,” jelas Bupati Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta juga melaporkan kondisi terkini industri pariwisata Badung. Dikatakan setengah wisatawan asing yang selama ini ada di wilayah Kabupaten Badung telah pindah ke Lombok, karena di sana tidak diberlakukan PPKM darurat oleh pemerintah. *ind

Komentar