nusabali

Bupati Giri Prasta Paparkan Rencana Aksi Pengembangan SDM

Tingkatkan Kompetensi ASN dalam Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-paparkan-rencana-aksi-pengembangan-sdm

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memaparkan Rencana Aksi Pengembangan SDM Kabupaten Badung Tahun 2022-2024 di hadapan Plt Kepala Pusat IV BPSDM Kemendagri Dr Belly Isnaeni dan Coach BPSDM Kemendagri Urkanus Sihombing dari Rumah Jabatan Bupati Badung, Selasa (13/7).

 Rencana aksi yang ditujukan bagi aparatur (ASN) serta bagi masyarakat, dan kelompok masyarakat ini untuk menjawab isu-isu strategis bidang pengembangan SDM.


Dalam pemaparan rencana aksi, Bupati Giri Prasta didampingi Asisten I Nyoman Sujendra, Kepala BKPSDM I Gede Wijaya, Kepala Bappeda I Made Wira Dharmajaya, Kabag Tapem I Dewa Sudirawan dan Kabag Prokopim Made Suardita.

Bupati Giri Prasta mengatakan sesuai dengan visi misi presiden yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024, bahwa peningkatan kualitas manusia Indonesia dicapai melalui strategi pembangunan sumber daya manusia, dijalankan secara tegak lurus oleh Bupati dan Wakil Bupati Badung, melalui visi misi Bupati-Wakil Bupati Badung 2021-2026, khususnya tertuang dalam misi ke-5, yaitu Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Berlandaskan pada Penguatan Pendidikan, Kesehatan, dan Perekonomian Masyarakat.

“Terkait dengan hal tersebut, di sisi lain kita melihat terjadi penurunan jumlah rata-rata jam pelajaran (JP) ASN Kabupaten Badung yang mengikuti pengembangan kompetensi, yaitu dari 14,70 JP pada tahun 2018 menjadi 3,76 JP pada tahun 2020. Hal ini berdampak pada rendahnya nilai indeks profesionalitas ASN,” kata Bupati Giri Prasta.

“Begitu pula masyarakat Kabupaten Badung dihadapkan pada era globalisasi dituntut untuk memiliki daya saing sangat tinggi yang diukur dari inovasi dan kemandirian daerah,” imbuh bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang itu.

Menurut Bupati Giri Prasta, diperlukan berbagai upaya meningkatkan daya saing masyarakat dan meningkatkan profesionalitas ASN. Antara lain dengan mencanangkan program pengembangan SDM yang salah satu tujuannya untuk meningkatkan kualitas SDM ASN di lingkungan Pemkab Badung. Hal ini sebagai upaya mewujudkan misi meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan berdasarkan prinsip good governance dan clean government, berbasis teknologi informasi dan komunikasi, guna terwujudnya pemerintahan yang baik dan bersih.

“Adapun tujuan dari disusunnya rencana aksi ini adalah untuk meningkatkan kompetensi ASN dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan public, serta peningkatan kualitas masyarakat sesuai visi misi Bupati dan Wakil Bupati Badung tahun 2022-2024, guna terwujudnya SDM Badung yang berkualitas dan berdaya saing,” tegas bupati dua periode itu.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai, lanjut Bupati Giri Prasta, yaitu meningkatnya kompetensi ASN dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik serta daya saing SDM dengan target kinerja, yaitu tercapainya nilai SAKIP (A), opini BPK (WTP), indeks SPBE baik, indeks profesionalitas ASN tinggi, dan indeks kepuasan masyarakat baik.

Sementara itu Plt Kepala Pusat IV BPSDM Kemendagri Dr Belly Isnaeni, memberikan apresiasi terhadap Bupati Badung terkait sudah masuknya jaringan internet ke fasilitas-fasilitas umum di desa. Tidak itu saja, dia juga mengapresiasi keseriusan Bupati Badung terus meningkatkan dan mensuport ekonomi petani di daerahnya. “Semoga ke depan apa yang sudah dilakukan bisa ditingkatkan dan membuat inovasi-inovasi baru, sehingga daerahnya bisa menjadi lebih baik,” katanya. *ind

Komentar